Skip to main content

3.Percabangan (if-else, switch-case), Perulangan (while, for, Break, Continue).html

Dasar Java - Percabangan (if-else, switch-case), Perulangan (while, for, Break, Continue)

  1. Percabangan

Percabangan adalah fitur dalam bahasa pemrograman yang memungkinkan program untuk membuat keputusan berdasarkan kondisi tertentu. Dalam bahasa pemrograman Java, terdapat dua jenis percabangan yaitu if-else dan switch-case.

1.      If-else statement

If-else statement digunakan untuk membuat keputusan berdasarkan kondisi tertentu. Jika kondisi yang diberikan bernilai true, maka pernyataan dalam blok if akan dieksekusi, jika tidak, maka pernyataan dalam blok else akan dieksekusi.
Contoh penggunaan:

Dalam contoh di atas, program akan mengevaluasi kondisi apakah angka lebih besar dari 5. Jika benar, program akan mencetak "Angka lebih besar dari 5", jika tidak, program akan mencetak "Angka lebih kecil atau sama dengan 5".

2.      Switch-case

statement Switch-case statement digunakan untuk membuat keputusan berdasarkan nilai dari sebuah variabel. Pada switch-case statement, nilai dari variabel akan dibandingkan dengan nilai pada masing-masing case, dan jika terdapat kesesuaian, maka pernyataan dalam blok case akan dieksekusi.

Contoh penggunaan:

 

Dalam contoh di atas, program akan mengevaluasi nilai dari variabel grade dan membandingkannya dengan masing-masing case. Jika nilai grade adalah 'A', program akan mencetak "Excellent!", jika nilai grade adalah 'B' atau 'C', program akan mencetak "Well done", dan seterusnya. Jika nilai grade tidak sama dengan salah satu dari case yang ada, maka program akan mencetak "Invalid grade".

  1. Perulangan

Perulangan atau looping adalah fitur pada bahasa pemrograman yang memungkinkan program untuk melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang selama kondisi tertentu terpenuhi. Dalam bahasa pemrograman Java, terdapat beberapa jenis perulangan yaitu while, for, break, dan continue.

1.      While

Pada while loop, blok kode yang berada di dalamnya akan terus diulang selama kondisi yang ditentukan masih bernilai benar atau true. Ketika kondisi tersebut bernilai salah atau false, maka perulangan akan berhenti dan program akan melanjutkan eksekusi pada baris kode berikutnya. While loop pada Java memiliki sintaks sebagai berikut:

Contoh penggunaanya sebagai berikut :

Dalam contoh di atas, program akan mengevaluasi apakah nilai dari variabel i lebih kecil dari 5. Selama kondisi tersebut terpenuhi, program akan mencetak "Perulangan ke-" diikuti dengan nomor perulangan dan menambahkan nilai i sebesar 1 setiap kali perulangan dilakukan.

2.      For
Pada for loop, kita menginisialisasi variabel loop, kemudian menentukan kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan berlanjut, dan juga menentukan cara untuk mengubah nilai variabel loop tersebut setiap kali blok kode diulang. Ketika kondisi yang ditentukan sudah tidak terpenuhi lagi, maka perulangan akan berhenti dan program akan melanjutkan eksekusi pada baris kode berikutnya. For loop pada Java memiliki sintaks sebagai berikut:

Contoh penggunaanya ialah sebagai berikut :

Dalam contoh di atas, program akan melakukan perulangan dengan variabel i dimulai dari nilai 0, selama nilai i kurang dari 5, dan menambahkan nilai i sebesar 1 setiap kali perulangan dilakukan. Program akan mencetak "Perulangan ke-" diikuti dengan nomor perulangan.

3.      Break statement
Break statement pada Java digunakan untuk menghentikan perulangan secara paksa. Ketika break statement dijalankan, program akan keluar dari perulangan dan melanjutkan eksekusi pernyataan setelah perulangan.

Contoh penggunaan:

Dalam contoh di atas, program akan melakukan perulangan dengan variabel i dimulai dari nilai 0, selama nilai i kurang dari 5, dan menambahkan nilai i sebesar 1 setiap kali perulangan dilakukan. Jika nilai i sama dengan 3, program akan keluar dari perulangan menggunakan break statement.

4.      Continue statement
Continue statement pada Java digunakan untuk menghentikan iterasi perulangan saat ini dan melanjutkan dengan iterasi selanjutnya.

Contoh penggunaan:

Dalam contoh di atas, program akan melakukan perulangan dengan variabel i dimulai dari nilai 0, selama nilai i kurang dari 5, dan menambahkan nilai i sebesar 1 setiap kali perulangan dilakukan.

 


Last modified: Sunday, 13 August 2023, 10:46 AM