Skip to main content

1.4 Simulasi Arduino dengan ThinkerCAD.html

ThinkerCAD adalah sebuah perangkat lunak desain 3D berbasis web yang dirancang untuk membuat, mengedit, dan merancang model 3D. Ini merupakan alat yang sangat populer dan digunakan secara luas dalam bidang teknik, desain industri, dan pendidikan.

ThinkerCAD menawarkan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, yang memungkinkan pengguna untuk membuat desain 3D dengan cepat tanpa memerlukan pengetahuan mendalam tentang pemodelan 3D. Dengan alat ini, pengguna dapat membuat objek 3D dari bentuk dasar, menggabungkan dan memodifikasi objek, menambahkan tekstur dan warna, serta melihat desain dalam mode tampilan 3D interaktif.

Selain itu, ThinkerCAD juga memiliki fitur-fitur yang berguna seperti pengukuran objek, simulasi pergerakan, dan kemampuan untuk melakukan rendering foto realistik. Ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa dan memvalidasi desain mereka sebelum mencetaknya dengan printer 3D atau menggunakannya dalam proyek lain.

ThinkerCAD tersedia dalam versi gratis dan berlangganan, dengan berbagai fitur tambahan yang tersedia dalam paket berbayar. Ini merupakan alat yang ideal untuk pemula yang ingin mempelajari dasar-dasar desain 3D atau bagi mereka yang membutuhkan alat yang mudah digunakan untuk merancang prototipe atau objek 3D sederhana.

Berikut ini adalah tampilan utama ThinkerCAD yang mana terdapat beberapa opsi seperti classes, Design,Tutorials, Projects, gallery, dan profil pengguna. Dengan adanya opsi classes ini membuat thinkerCAD menjadi platform pembelajaran yang sesuai untuk digunakan karena memiliki kemiripan dengan platform lain seperti google classroom, selain itu ada juga fitur tutorials yang menjadi sarana untuk dapat belajar secara mandiri. Kita dapat mencari inspirasi project-project dengan menggunakan arduino uno.

Secara umum, menu desain yang disediakan oleh Tinkercad terdiri dari 3 menu utama yaitu 3D Designs, Codeblocks, dan Circuits. Penggunaan menu 3D Designs dan Codeblocks pada dasarnya sama yaitu membuat objek 3 dimensi. Perbedaannya terletak pada proses dan tujuan pembuatannya. Pembuatan objek menggunakan 3D Designs dilakukan dengan memanfaatkan shapes yang tersedia di Tinkercad dengan berbagai bentuk yang dapat diatur langsung. Sedangkan, pada Codeblocks, pembuatan objek dilakukan dengan menyusun kode yang tersedia pada blok-blok di Tinkercad seperti menyusun sebuah kode program. Kelebihan menggunakan CodeblocksS ini adalah dapat disimulasikan setiap tahapan pembuatannya.

Kita bisa mengklik create untuk membuat sebuah lembar kerja baru. Dan pastikan dalam mode circuits untuk dapat membuat lembar kerja elektronika yang terdapat komponen mikrokontroller didalamnya.

Drag and Drop pada menu bar komponen yang ada pada sisi sebelah kanan. Pada menu ini kita dapat menemukan komponen komponen seperti arduino, Resistor, sensor, actuator, dan komponen elektronika lainnya.

Kemudian kita dapat menghubungkan komponen-komponen yang sudah ada dengan mendrag pada pin-pin yang ada. Kita juga dapat mengatur warna jalur untuk dapat mempermudah pembacaan rangkaian yang kita buat. Selain warna kita dapat mengatur sudut-sudut yang kita buat untuk dapat membuat rangkaian yang terlihat lebih rapih.

Kita dapat melakukan penulisan perintah pada mikrokontroller dengan cara menuliskan text code nya atau dengan metod block perintah seperti ini. pada metode blok printah ini sebenarnya hanya lah memvisualisasikan tiap perintah yang ada pada metode teks sehingga kita hanya perlu melakukan drag and drop dengan urutan sesuai dengan perintah kerja mikrokontroller yang kita inginkan.

https://lh3.googleusercontent.com/LT5O_maGjjhNIfqVBBXY0QSEFIpNuJ8jDxI8K8B7-m432aQXDIhVFWyMzvCsoGEvUVn48tA9qFZjZ027igWSyfUJ8h_27mLQtdU91aNeuabTZr7KulF6-d7yOLFVMDl9kxdDIdXtbgFbPxo=s2048https://lh4.googleusercontent.com/sRAviJhjxWUUZKi2xWYtVqTZc5DSyhPa0B3s7uBA4wVv2rOQkP4pN4iZA3lpBHpXhgGcYBwYFb76rswXekt-Po-__4QdNEsVA7H_i2U63WAMLslkGifa9b0V14JCuHJKaRi6bEcNWtc0rYs=s2048

Untuk melakukan simulasi kita dapat mengklik start simulation pada pojok kanan atas, saat simulasi dimulai button start simulation akan berubah menjadi stop simulation. Dan gambar usb akan terhubung dengan arduino dan lampu pada arduino akan menyala.

https://lh3.googleusercontent.com/EzbYzmuKL6WTOZ0JY2TjuZjteyYNO4nvgK5Iux0DzaeoLX62VRcy6-eXDYXIopcXvovj5kdOXvfyQwt96oMSbm25nF0Bs_dz9jo6sRLYXBJp2rLZCzxP3uCtZkhYzKljQmC-kF6SDpRS_0g=s2048

 

 

Community gallery

Pada Thinkercad selain untuk melakukan desain dan simulasi elekronika, Thinkercad juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk mempublikasikan karya desain yang dibuat. Ini dapat dilihat dari adanya community gallery yang berisi hasil-hasil karya desain yang dikumpulkan dalam satu komunitas. Sehingga dapat dijadikan sumber referensi untuk mendapatkan ide project selanjutnya. Dengan adanya dukungan komunitas ini tentu akan mendukung juga kemungkinan pengembangan project kedepannya.

Dapat dilihat dalam community gallery ini kita dapat melihat desain 3D, Circuits, dan Codeblocks. Untuk dapat melihat contoh simulasi desain rangkaian elektronika kita dapat memilih di circuits. Disini kita dapat melihat berbagai project yang dibuat oleh pengguna dari seluruh bagian dunia, kita juga dapat mencari contoh project yang di langsung menggunakan fungsi search. Selanjutnya kita akan mencoba menggunakan contoh rangkaian yang sudah ada.

Klik salah satu Project yang ada, kemudian akan muncul tampilan seperti ini klik copy and Thinker untuk membuka dan menyalin project yang ada. Disini kita juga dapat melihat informasi dari project ini seperti nama pembuatnya, waktu pembuatanya, deskripsi dari pembuatanya, dan lainnya.

Setelahnya dapat dilihat akan muncul halaman seperti pada penjelasan sebelumnya, dari sini dapat kita mulai melakukan pengeditan secara langsung seperti pada penjelasan sebelumnya. Seperti menghapus atau menambahkan komponen dan sambungan yang ada ataupun mengubah code program yang sudah ada. Setelahnya pun dapat disimpan dengan nama yang berbeda dari nama project sebelumnya.

Untuk merubah nama project dapat dilakukan dengan cara mengklik nama project di pojok kiri atas seperti pada gambar setelah itu dapat di ganti dengan nama yang baru setelahnya akan otomatis tersimpan pada project yang sudah kita buat.

 

Project

Selain itu terdapat juga project dimana disini kita dapat juga mendapatkan refernsi project orang lain seperti halnya Community gallery pada project ini kita dapat melihat secara lebih lengkap mengenai project orang lain karena bentuknya seperti halaman blog ataupun website yang memuat juga penjelasan, langkah langkah pengengembangan, dan video project. Sehingga tidak hanya memuat simulasi rangkaian dan code saja.

Kita dapat mengakses project dengan mengklik project yang kita ingin lihat.

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini.

Disini dapat ditemukan penjelasan dari suatu project yang memiliki bentuk bacaan seperti dalam suatu blog.

 

 

Penugasan

1.      Buatlah suatu rangkaian dan simulasikan dengan menggunakan ThinkerCAD (menggunakan Minimal 8 Komponen) dengan metode pemrograman Text

2.      Buatlah suatu rangkaian dan simulasikan dengan menggunakan ThinkerCAD (menggunakan Minimal 10 Komponen) dengan metode pemrograman Block

*project yang dibuat berbeda

 

 

Last modified: Friday, 11 August 2023, 3:26 PM