Skip to main content

07. Perbedaan RFID.html

     perbedaan RFID dengan NFC

1.    Jarak

Sementara teknologi RFID dapat digunakan dalam jarak jauh, teknologi NFC terbatas pada jarak kecil. Tag RFID umumnya dapat dipindai pada jarak hingga 100 meter dan tidak memerlukan garis pandang langsung ke pembaca. NFC umumnya memerlukan sambungan langsung ke pembaca, dan juga mengharuskan perangkat yang berkomunikasi berada dalam jarak beberapa sentimeter satu sama lain.

 

2.    variasi kompleksitas aplikasi

RFID menggunakan konsep sederhana di mana pembaca mengeluarkan informasi dari tag. Pembaca harus mendeteksi gelombang radio dari tag untuk menangkap data.

NFC adalah teknologi yang lebih kompleks yang memungkinkan operasi baca/tulis. Fitur ini mengubah ponsel Anda menjadi digital sekaligus memungkinkan komunikasi peer-to-peer yang sempurna.

 

3.    infrastruktur

Saat menggunakan RFID, Anda harus memiliki tag RFID dan pembaca. Sebaliknya, perangkat NFC mampu memainkan peran sebagai pembaca dan tag. Fitur unik ini memungkinkan komunikasi P2P antara dua perangkat berkemampuan NFC.

 

4.    Komunikasi

NFC mampu melakukan komunikasi dua arah, dan dengan demikian dapat menawarkan solusi unik dan kompleks seperti emulasi kartu dan peer-to-peer.

Last modified: Friday, 11 August 2023, 3:32 PM