Skip to main content

08. prinsip kerja dari RFID, Barcode dan QR Code,.html

prinsip kerja dari RFID

 

RFID adalah metode pengumpulan data yang melibatkan identifikasi objek secara otomatis melalui gelombang radio berdaya rendah. Data dikirim dan diterima dengan sistem yang terdiri dari tag RFID , antena , pembaca RFID, dan transceiver.

 

Seperti teknologi kode batang, Pemindai RFID mengenali lokasi dan identifikasi item yang ditandai tetapi alih-alih membaca pantulan sinar laser dari label kode batang yang dicetak, alat ini memanfaatkan frekuensi radio berdaya rendah untuk mengumpulkan dan menyimpan data. Transceiver membaca frekuensi radio dan mengirimkannya ke tag RFID. Informasi identifikasi kemudian ditransmisikan dari chip komputer kecil yang disematkan pada tag dan disiarkan ke pembaca RFID.

 

transponder ada di dalam tag RFID itu sendiri. Rentang baca untuk tag RFID bervariasi berdasarkan faktor termasuk jenis tag, jenis pembaca, frekuensi RFID dan interferensi di lingkungan sekitar atau dari tag dan pembaca RFID lainnya. Tag yang memiliki sumber daya yang lebih kuat juga memiliki jangkauan baca yang lebih panjang.

 

https://www.techtarget.com/iotagenda/definition/RFID-radio-frequency-identification

 

Prinsip kerja Barcode

 

Komposisi kode batang sederhana. Itu terdiri dari pola visual garis hitam dan putih paralel (dan baru-baru ini, pengaturan geometris lainnya). Bilah diatur untuk mewakili angka, dan seringkali juga huruf dan simbol. Jenis barcode yang berbeda dapat menyandikan informasi untuk berbagai aplikasi .informasi yang direpresentasikan dalam barcode bisa sederhana atau kompleks, tergantung pada kebutuhan pengguna dan persyaratan sistem.

untuk membaca kode batang, semua pembaca kode batang menggunakan sumber cahaya dan sensor untuk mendeteksi dan mengukur intensitas cahaya yang dipantulkan kembali oleh ruang putih dalam pola batang paralel yang unik. Cahaya yang dipantulkan dideteksi melalui fotodioda, menghasilkan sinyal elektronik yang sesuai dengan pola barcode.

Barcode digunakan untuk memudahkan proses memasukkan data produk ke dalam komputer, meningkatkan akurasi dan menambah efisiensi dalam proses tersebut

 

Selanjutnya, sinyal elektronik itu melewati sirkuit, yang menerjemahkannya kembali ke digit asli (dan mungkin juga huruf dan simbol, tergantung pada jenis kode batang) yang diwakili oleh kode batang. Digit diubah oleh sistem menjadi teks bermakna yang bekerja di dalam basis data pengguna, menyampaikan informasi penting dengan kecepatan luar biasa.

 

https://www.barcoding.com/blog/how-to-read-a-barcode#:~:text=A%20reciprocating%20or%20oscillating%20mirror,translates%20into%20the%20digital%20information.

Prinsip kerja QR Code,

Setiap kode QR terdiri dari kotak dan titik hitam yang mewakili berbagai informasi. Saat dipindai, pola unik pada kode batang diterjemahkan menjadi data yang dapat dibaca manusia. Transaksi ini terjadi dalam hitungan detik.

Pengguna harus memindai kode dengan pembaca atau pemindai QR Data dalam kode QR adalah serangkaian titik dalam kotak persegi. Setiap titik mewakili satu dan masing-masing kosong nol dalam kode biner, dan polanya menyandikan kumpulan angka, huruf, atau keduanya, termasuk URL. Paling kecil kisi ini adalah 21 baris kali 21 kolom, dan paling besar adalah 177 baris kali 177 kolom. Dalam kebanyakan kasus, kode QR menggunakan kotak hitam dengan latar belakang putih, membuat titik mudah dibedakan. .

Pembaca QR kemudian menganalisis kode QR dengan memecah semuanya menjadi kisi-kisi. Itu melihat kotak kisi individu dan memberikan masing-masing nilai berdasarkan apakah itu hitam atau putih. Itu kemudian mengelompokkan kotak kotak untuk membuat pola yang lebih besar.

Bagian - bagian penting QR Code

        Modul data . Ini adalah unit standar kode QR. Ini biasanya berupa persegi hitam dengan latar belakang putih. Meskipun warna dan kontrasnya bisa berbeda, hitam-putih adalah yang paling optimal saat membuat kode QR khusus . Susunan kotak hitam ini, atau modul data, adalah yang membentuk sebagian besar kode QR.

        Penanda posisi . Ada tiga penanda posisi pada setiap kode QR. Terdiri dari mata dalam dan luar, mereka memungkinkan pemindai dan kamera dengan cepat dan akurat menemukan modul data dan arah pemindaian.

        Zona tenang . Ini adalah area kosong di semua sisi matriks modul data yang berisi semua modul data dan penanda posisi. Ini memungkinkan pemindai dan pembaca untuk menempatkan secara optik dimana kode QR dimulai dan diakhiri.

Cara kerja teknis :

Pemindai kode QR dimulai di kanan bawah kode QR. Ini kemudian memindahkan dua modul data sekaligus hingga mencapai penanda posisi pertama. Kemudian memindahkan dua modul data ke kiri dan turun. Ini mengulangi proses zig-zag kanan-ke-kiri, atas-lalu-bawah ini sampai setiap modul data tercakup

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

prinsip kerja NFC

NFC adalah teknologi komunikasi setengah dupleks jarak pendek yang menyediakan komunikasi aman antar perangkat di wilayah medan dekat. Komunikasi jarak dekat, adalah teknologi yang memungkinkan dua perangkat dalam jarak dekat untuk bertukar data secara nirkabel dengan aman. NFC adalah teknologi konektivitas nirkabel jarak pendek (<10 cm) yang beroperasi pada rentang frekuensi tinggi (HF) dengan bandwidth gelombang radio rendah, terutama pada 13,56 MHz [13 ] . NFC terdiri dari tiga komponen dasar - antena, pembaca, dan tag. Pembaca (pemancar) mengirim sinyal pada frekuensi NFC standar 13,56 MHz dan antena tag menerima dan memproses sinyal interogasi, dan merespons dengan informasi yang diminta kembali ke pembaca yang kemudian ditafsirkan dan disimpan sebagai data dalam jarak beberapa sentimeter di 13,56 MHz

Perangkat target menerima data yang dikirim oleh perangkat master dan menggunakan teknologi modulasi beban untuk mentransfer data dari perangkat kembali ke perangkat master dengan kecepatan yang sama. Karena perangkat target tidak menghasilkan medan frekuensi radio dalam mode kerja ini, tetapi secara pasif menerima medan frekuensi radio yang dihasilkan oleh perangkat master, ini disebut mode pasif. Dalam mode ini, perangkat master NFC dapat mendeteksi kartu nirsentuh atau perangkat target NFC, dan membuat koneksi.

 

 

 

Last modified: Friday, 11 August 2023, 3:32 PM