Skip to main content

3. Five-Second Testing dan UX Research Tools.html

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu menganalisis Five-Second Testing dan UX Research Tools.
  2. Mahasiswa mampu mengimplementasikan Five-Second Testing dan Research Tools.

--------------------------------------------------------

Pengujian Lima Detik:

Dalam bab ini, kami akan memandu Anda tentang apa itu pengujian lima detik dan berbagi contoh tentang apa yang diharapkan saat melakukan pengujian lima detik.

ilustrasi pengujian lima detik

 

Apa itu pengujian lima detik?

Pengujian lima detik adalah metode riset pengguna yang membantu Anda mengukur kesan pertama pengguna terhadap suatu desain. Dalam tes lima detik, peserta diperlihatkan gambar halaman arahan atau layar selama lima detik dan kemudian mengajukan pertanyaan lanjutan tentang apa yang mereka lihat.

 

Tujuan dari tes lima detik adalah untuk menilai ingatan pengguna dan mengukur informasi apa yang diambil pengguna. Mereka dapat digunakan untuk menguji perpesanan dan semua bentuk komunikasi pada aset eksternal dan menentukan apakah desain Anda secara efektif mengkomunikasikan pesan utamanya kepada audiens.

 

Mengapa pengujian lima detik penting?

Menurut penelitian , 55% pengunjung menghabiskan waktu kurang dari 15 detik di situs web, jadi menarik perhatian seseorang dalam beberapa detik pertama saat mereka melihat desain sangatlah penting. Dalam detik pertama, orang akan memutuskan apakah akan melanjutkan penelusuran atau keluar.

 

Dalam tes lima detik, peserta diberi waktu lima detik untuk melihat desain, setelah itu mereka menjawab beberapa pertanyaan sederhana. Hasilnya memberikan umpan balik pengguna kuantitatif dan kualitatif yang membantu Anda mengoptimalkan desain.

 

Untuk pandangan yang lebih komprehensif tentang manfaat riset UX, lihat bab pertama panduan ini " Pengantar Riset UX ".

 

Kapan menggunakan pengujian lima detik?

Pengujian lima detik adalah cara yang berharga untuk mengumpulkan data kualitatif tentang kesan dan reaksi pertama pengguna. Ini akan membantu Anda memahami informasi apa yang menonjol bagi mereka, apa yang mereka suka atau tidak suka, dan apa yang mereka ingat sehingga Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda menyampaikan pesan yang tepat kepada audiens yang tepat.

 

Data dari tes lima detik juga dapat diukur secara kuantitatif dan dikategorikan berdasarkan kelompok yang 'mengerti' dan kelompok lain yang tidak mendapatkan pesan. Berdasarkan rasio hasil (misalnya, lebih dari 80% peserta menerima pesan), Anda dapat menentukan keefektifan pesan, lalu menyelami komentar individu untuk mempelajari lebih lanjut.

 

Anda dapat melakukan pengujian lima detik secara langsung atau dari jarak jauh menggunakan alat pengujian dengan menunjukkan kepada peserta mockup desain, prototipe, wireframe, atau halaman web.

 

Cara menjalankan tes lima detik

Jika Anda terbiasa dengan pengujian kegunaan , menyusun pengujian lima detik sangat mirip.

 

Untuk memulai, Anda perlu menyiapkan situs atau desain untuk pengujian, membuat instruksi pengujian, dan menemukan peserta pengujian.

 

Untuk merekrut peserta, Anda dapat mengundang basis pengguna Anda sendiri ke pengujian atau mempekerjakan peserta dari alat pengujian kegunaan seperti Maze, yang dapat memberi Anda jumlah peserta dan penargetan demografis yang Anda butuhkan.

 

Di alat pilihan Anda, buat pengujian dan impor gambar yang akan Anda uji (bisa berupa tangkapan layar atau mock-up desain). Selanjutnya, pilih durasi penguji akan melihat gambar, yang dapat berkisar dari 5 hingga 20 detik, dan tambahkan pertanyaan Anda setelah pengujian.

 

Selama tes, peserta memiliki waktu lima detik untuk melihat desain atau halaman, setelah itu mereka menjawab beberapa pertanyaan lanjutan. Pertanyaannya adalah kunci karena menentukan apakah audiens Anda memahami pesan Anda.

 

Untuk mengukur kesan pertama peserta, ajukan pertanyaan seperti ini:

 

     Bagaimana Anda menggambarkan desain setelah melihat halaman ini?

     Apa kesan Anda tentang desainnya?

     Apa hal utama yang dapat Anda ingat?

     Apa yang paling Anda sukai/paling tidak disukai tentang desainnya?

     Apa yang akan Anda ubah tentang desainnya?

Salah satu praktik terbaik untuk mendapatkan hasil tes yang efektif adalah dengan tidak memberi tahu pengguna sebelumnya apa yang harus mereka lakukan setelah lima detik berlalu. Ini penting karena membantu Anda menarik kesan pertama dan reaksi usus yang tidak memihak.

 

Dengan mengumpulkan dan meninjau kesan awal pengguna, Anda akan dapat mengidentifikasi apakah halaman konten jelas dan ringkas. Jika halamannya jelas, peserta akan dengan mudah mengingat konten penting dan secara akurat mengidentifikasi tujuan utama halaman tersebut.

 

Lihat bab kedua panduan ini untuk informasi lebih lanjut tentang cara membuat rencana penelitian UX yang efektif .

 

Contoh tes lima detik dengan Maze

Membuat tes lima detik cukup sederhana. Yang Anda perlukan untuk memulai han

yalah gambar (tangkapan layar halaman arahan atau maket desain), dan kumpulan peserta. Di bagian ini, kami memberi Anda contoh pengujian lima detik menggunakan Labirin.

 

  1. Langkah 1: Tentukan apa yang perlu Anda uji dan tetapkan tujuan

Mari kita asumsikan Anda mendesain ulang proses pengenalan untuk aplikasi bernama 'Tempat'. Layar pertama Anda mencakup pengantar singkat dan tagline aplikasi Anda, jadi Anda ingin menguji apakah pesan ini jelas bagi pengguna Anda dan berbicara langsung dengan nilai jual unik produk Anda.

Anda memutuskan untuk menjalankan pengujian lima detik dan bertanya kepada peserta menurut mereka apa yang dilakukan aplikasi ini berdasarkan kesan pertama mereka terhadap layar ini. Untuk menentukan bahwa pesan itu efektif, Anda mengharapkan tidak kurang dari 80% peserta menerimanya.

  1. Langkah 2: Unggah gambar ke alat pengujian & buat pengujian

Setelah Anda memutuskan apa yang akan diuji, saatnya menyiapkan pengujian Anda di Maze. Anda dapat melakukannya dengan mengunggah gambar layar yang ingin Anda uji, atau menjelajahi prototipe Anda dan memilih layar dari sana.

Untuk mengukur kesan peserta, Anda memutuskan untuk mengajukan pertanyaan guna menguji pemahaman mereka tentang fungsi aplikasi:

 

Berdasarkan apa yang Anda lihat, menurut Anda apa yang dilakukan aplikasi ini?

  1. Langkah 3: Atur tes secara langsung dan bagikan dengan peserta

Sekarang setelah tes Anda siap, saatnya menampilkannya di depan orang-orang. Jika Anda tidak memiliki kumpulan peserta sendiri, Anda dapat mempekerjakan mereka dari Panel Penguji Labirin .

  1. Langkah 4: Analisis hasil

Setelah semua peserta menyelesaikan pengujian, Anda dapat melihat komentar untuk menentukan apakah pengujian Anda berhasil. Di Maze, Anda dapat memberi bintang pada setiap komentar dan secara otomatis menambahkannya ke laporan Anda untuk dibagikan dengan pemangku kepentingan.

 

Tes lima detik adalah latihan yang cepat dan efektif untuk mengukur kejelasan desain Anda dan bagaimana desain itu mengkomunikasikan pesan yang nantinya dapat membantu Anda meningkatkan pengalaman pengguna desain Anda.

 

 

 

Last modified: Monday, 7 August 2023, 10:13 AM